berbagi apapun yang penting bermanfaat, apalagi di zaman era globalisasi seperti saat ini.say something about this. untuk kategori info islam itu artikel dari hasmi, semoga bermanfaat untuk pengetahuan islam kita...amien..

11/07/2010

Iblis Itu Benar-benar Ada! Bukan Ilusi..!!

A. Iblis adalah Mahluk, Bukan Sekedar Sifat.


Tidak ada kaum muslimin yang mengingkari keberadaan Iblis (jin) kecuali sebagian golongan al Jahmiyah dan al Mu’tazilah. Namun pada saat ini banyak yang terpengaruh, mereka beranggapan bahwa iblis bukanlah mahluk, melainkan hanya sekedar sifat yang disematkan kepada manusia yang suka berbuat jahat. Manusia yang jahat disebut iblis. Sungguh pendapat ini adalah pendapat yang sangat batil, Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman :

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Robbnya. Patutkah kalian mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain dari pada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah Iblis itu sebagai pengganti (dari Alloh subhanahu wa ta’ala) bagi orang-orang yang zalim.” [QS. Al-Kahfi (18): 50].

Di dalam ayat ini Alloh subhanahu wa ta’ala memerintahkan kepada para malaikat dan Iblis untuk bersujud kepada Adam. Kemudian Iblis membangkang perintah Alloh subhanahu wa ta’ala. Pembangkangan tersebut adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh mahluk, bukan sifat, karena sifat tidak kuasa melakukan apapun. Kemudian dikatakan : “Dia adalah dari golongan jin.” Jadi lebih jelas lagi bahwa Iblis adalah mahluk dari golongan jin. Di dalam Shahih Muslim diriwayatkan dari ‘Aisyah rodhiallohu ‘anha , Rosululloh shalallohu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Malaikat diciptakan dari cahaya, Iblis diciptakan dari nyala api murni (tanpa asap), dan Adam diciptakan dari apa yang telah sampai kepadamu (tanah).”

(HR. Muslim no. 2996).

Dari sini dapat disimpulkan bahwa Iblis benar-benar makhluk, diciptakan Alloh subhanahu wa ta’ala dari api.

B. Antara Iblis dan Setan.

Iblis adalah Setan. Dinamakan Iblis karena makhluk ini telah putus asa dari rahmat Alloh subhanahu wa ta’ala , perhatikanlah ayat-ayat di bawah ini tentang pemakaian kalimat Iblis dan Setan:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat: “Sujudlah kalian kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis; ….” [QS. Al Baqarah (2):34].

“Lalu keduanya digelincirkan oleh setan dari surga itu ..”[QS. Al Baqarah (2):36]

C. Keyakinan Bahwa “Iblis Tidak Ada” Adalah Sangat Berbahaya.

Tidak meyakini adanya iblis adalah merupakan musibah yang bisa menyebabkan kekafiran besar. Seseorang tidak akan pernah menyadari akan bahayanya. Bahwa Iblis selalu memerangi manusia dari arah, depan, belakang, kiri dan kanan, dengan berbagai macam kejahatan yang akan menggelincirkan kepada kemaksiatan, dan puncaknya adalah menjerumuskan ke dalam kekufuran, menuju neraka jahannam. Naudzubillah min dzalik. Betapa bahayanya makhluk ini sehingga Alloh subhanahu wa ta’ala mengajarkan doa dengan lafaz-lafaznya langsung untuk berlindung darinya, sebagaimana firman Alloh subhanahu wa ta’ala :

Dan katakanlah: “Ya Robbku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Robbku, dari kedatangan mereka kepadaku.” [QS. Al Mu’minun (23):97-98].

Lafaz-lafaz doa khusus ini harus kita amalkan setiap saat untuk terlepas dari tipu daya mereka.

D. Iblis dan Bala Tentaranya.

Alloh subhanahu wa ta’ala berfirman: Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kalian dapat ditipu oleh setan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapak kalian dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya ‘auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kalian dari suatu tempat yang kalian tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (QS.Al A’rof [7} :27)

Kebencian iblis terhadap manusia adalah kebencian yang sangat jahat. Sesuai dengan sumpahnya iblis akan menyesatkan Adam dan keturunannya, menjerumus-kan ke dalam neraka. Kejahatan iblis mengancam setiap anak Adam, baik yang beriman maupun yang kafir. Sebab pada dasarnya iblis benci terhadap makhluk yang bernama manusia. Kebencian itu lahir karena dendam kesumatnya kepada manusia, dia terlaknat dan terusir dari jannah karenanya.

Realisasi sumpah Iblis untuk menyesatkan manusia dari sirotulmustaqim hingga hari Kiamat bukanlah isapan jempol. Upaya penyesatan itu terjadi dari zaman ke zaman. Banyak sekali manusia yang telah menjadi korbannya. Seorang muslim tidak boleh merasa tenang, sebab ancaman datang setiap saat. Iblis dan bala tentaranya memiliki strategi dan perangkap yang banyak untuk menghancurkan manusia, Upaya-upaya pengkaburan terhadap dien yang murni terus dilakukan. Munculnya aliran-aliran sesat sesungguhnya tidak lepas dari sekenario iblis la’natulloh ‘alaih.

E. Beberapa bentuk kejahatan iblis.

* Setan mengajarkan sihir (QS. Al-Baqarah: 102).
* Setan turun kepada pendusta, pendosa, dan yang mendengarkan mereka, berpenampilan sebagai seorang penyair yang mengatakan perkataan-perkataan yang indah, padahal mereka sering mengatakan apa yang mereka sendiri tidak mengerjakannya. (QS. Asy-Syu’ara: 221-227).
* Setan menjadikan manusia lupa mengingat Alloh subhanahu wa ta’ala (QS. Al-Mujadilah: 19).
* Setan menimbulkan perselisihan di antara hamba-hamba Alloh subhanahu wa ta’ala (QS. Al-Isra’: 53).
* Setan dikirim kepada orang kafir untuk menghasung mereka berbuat maksiat dengan sungguh-sungguh (QS. Maryam: 83).
* Setan selalu menyertai orang yang berpaling dari Al-Quran (QS. Az-Zukhruf: 36).
* Setan membangkitkan angan-angan kosong (QS. An-Nisa’: 102).

Hanya dengan meniti jalan yang lurus lagi murni, jalan yang ditempuh oleh Rosululloh shalallohu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya, manusia akan terselamatkan dari tipu daya Iblis la’natulloh alaih..!!. Jalan inilah yang akan mengantarkan manusia kepada keselamatan dan kebahagiaan dunia dan akhirat. WAlloh subhanahu wa ta’alau A’lam

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar