berbagi apapun yang penting bermanfaat, apalagi di zaman era globalisasi seperti saat ini.say something about this. untuk kategori info islam itu artikel dari hasmi, semoga bermanfaat untuk pengetahuan islam kita...amien..

11/10/2010

Mewaspadai media kafir


Media merupakan sumber informasi yang faktual, dimana sebuah masyarakat maju sangat sulit lepas dari media sebagai sumber komsumsi informasi utama mereka. Kedudukan media saat ini ibarat penguasa. Media ibarat perpanjangan alat indera kitatitahnya didengar, pengaruhnya sangat dominan, seruannyanya ibarat arahan yang mewarnai opini public tanpa bisa dibendung dan ulasannyapun sering kali diserap secara membabi buta tanpa upaya penyaringan yang selektif.

Rosululloh Shallalahu alaihi wa Sallam meriwayatkan dalam haditsnya “Sesungguhnya diantara keterangan(albayan) itu sihir(sangat mempengaruhi)”dan media merupakan sarana bayan yang efektif guna mengulas berita, menganalisa kejadian serta menyuguhkan informasi.



Media seharusnya menyajikan fakta atau gambaran peristiwa tanpa upaya menginterpretasi dan tanpa opini. Namun kenyataan dilapangan media tak selalu menyajikan berita sesuai dengan faktanya bahkan berani berbohong 100%, berbeda dari fakta yang ada 180 derajat dengan realita yang ada.Majalah TIMES adalah contoh media kelas dunia yang sering melanggar prinsip pemberitaan berimbang dan banyak lagi jaringan berita kabel maupun satelit milik barat berperan dalam membohongi masyarakat international dan khususnya umat Islamdalam mengulas tentang Islam.

Karena kuatnya pengaruh media dalam menggiring opini mengharuskan Umat Islam harus memiliki sensitifitas dan kehati hatian dalam mencermati setiap pemberitaan yang ada. Kepiawaian memilah berita demi berita serta mengklarifikasi setiap otentitas pemberitaan merupakan cara yang baik dalam mencermati kebenarannya, sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta'ala memerintahkan kita untuk senantiasa bertabayyun atas informasi dan berita yang datang.

Dalam sejarah Islam tertoreh kejelian para sahabat dalam menangkap berita sehingga mereka tidak mudah tergoyahkan dan terprofokasi karenanya.Seperti dalam perang badar dimana kaum muslimin tidak melemah ketika orang orang kafir memberitakan bahwa pasukan Quraisy dalam jumlah yang besar akan menyerang mereka sebagaimana firman Alloh

”Yaitu orang orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang yang mengatakan :”Sesungguhnya orang orang Quraisy telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kalian,karena itu takutlah kepada mereka”,maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “cukuplah Alloh sebagai penolong kami dan Alloh adalah sebaik baik pelindung.” (QS. ali Imron : 173)

Walaupun sempat sebuah informasi dusta (haditsul ifki) yang digagas oleh orang orang munafik sempat menjadi polemic ditengah para sahabat. Bahkan sebagian mereka terpengaruh ikut dalam penyebaran isyu tersebut sehingga menimbulkan prahara yang mendera rumah tangga kekasih Alloh yang mulia Rasululloh Shalallahu alaihi wa Sallam sampai akhirnya Allah menurunkan ayat tentang bersihnya A’isyah ra dari tuduhan kotor tersebut.

Alloh Subhanahu wa Ta'ala berfirman :”Sesungguhnya orang orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita tersebut buruk bagimu bahkan ia adalah baik bagimu.Setiap orang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan mereka yang mengambil bagian terbesar dalam penyebaran berita bohong tersebut baginya azab yang besar. Mengapa diwaktu kamu mendengar berita bohong itu orang orang mukminin dan mukminat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri, dan (mereka tidak)berkata :”Ini adalah suatu berita bohong yang nyata”. (QS. An Nuur [24]: 11)

Kerap kali kita mendengar pemberitaan pemberitaan yang tendensius jika itu berkaitan dengan Islam dan umat Islam yang di blow up habis habisan bahkan menjadi headline utama beberapa media. Bahkan tidak sedikit yang merugikan serta mendeskriditkan umat Islam serta dipaksakan agar menjadi opini masyarakat umum. Bukan hal baru jika Islam kerap kali distigmakan dengan radikalisme, terorisme, fundamentalisme serta isme isme negatif lainnya.

Tentu penyematan image negatif tersebut tidak bisa dilepaskan dari peran media media barat kafir, yang dalam hal ini sebagai Islam dijadikan komoditas yang laku untuk dijual yang punya nilai tambah dalam hal pemberitaan. Tanpa peduli kode etik, kejujuran dan etika.Fitnah menjadi dagangan baru bagi insan media.Bagi mereka kejujuran tak lebih penting dibanding berita kontroversi untuk menaikkan rating media. Tanpa mau tahu dampak yang mungkin terjadi dari fitnah yang menjadi headline berita mereka.

Menurut Efendi Ghozali pakar komunikasi UI mengatakan ada lima kebohongan media.

Pertama, membesar besarkan atau mengeci ngecilkan data. Peristiwanya memang ada, Cuma disajikan lebih besar, lebih dramatis, atau lebih kecil atau dianggap tidak terlalu penting untuk diberitakan secara detail.

Kedua, memberitakan yang tidak pernah ada, seperti isu senjata pemusnah massal yang menjadikan Amerika beralasan untuk membombardir Irak.

Ketiga, tidak memberitakan kejadian yang memang terjadi dan seyogyanya jika disajikan bermanfaat bagi publik.

Keempat, membohongi agenda publik dengan sengaja! Artinya media dengan sengaja membombardir kita dengan berita yang kemudian memaksa kita ikut mengakui agenda media. Sebagaimana berita murahan skandal asusila yang santer belakangan diblow up setiap hari yang sangat menyedot perhatian publik dan mengalihkan dari berita penting lainnya.

Kelima, membohongi publik dengan menekankan bahwa media serta orang orang dibelakanggya tidak sedang membohongi anda.

Mark Crispin Miller,mengatakan:”Media massa Amerika sebagian besar dikontrol oleh perusahaan perusahaan besar yang demi keuntungan ekonomi mereka menjadi pendukung pemerintah. FOX NEWS dan CNN jaringan satelit yang bertayang 24 jam nonstop mengjangkau seluruk pelosok dunia melakukan cuci otak tanpa henti. Kecenderungan demikian nampaknya diamini pula oleh media media di Indonesia dengan melakukan hal yang sama.Kantor berita AP, AFP, REUTERS, CBS dan BBC yang sangat pro Zionis kerap jadi rujukan berita media nasional. Pantas saja jika musuh musuh Islam menjadikan media sebagai sarana menguasai dunia tanpa dibatasi geografi dan teritorial dengan strategi pembentukan opini tadi.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar