berbagi apapun yang penting bermanfaat, apalagi di zaman era globalisasi seperti saat ini.say something about this. untuk kategori info islam itu artikel dari hasmi, semoga bermanfaat untuk pengetahuan islam kita...amien..

11/07/2010

Misteri ilmu kebatinan..


Berbicara tentang ahli hikmah, maka tidak bisa lepas dari dunia pesantren, karena dari sini lah tempat lahir dan tumbuhnya ahli hikmah yang penuh misteri (bagi sebagian orang), padahal tidaklah demikian jika kita mau menelusurinya lebih mendalam lagi.
Pesantren telah ada sejak ratusan tahun lalu di Indonesia, dan selama itu telah terbukti berhasil membentuk pribadi-pribadi manusia yang berakhlakul-karimah, mandiri dan istiqomah. Hanya saja bersamaan dengan itu semua, banyak juga pesantren-pesantren yang mengajarkan ilmu-ilmu yang bukan bersumber dari ajaran Islam bahkan melanggar syariat Islam, mereka menyebutnya dengan ilmu kebatinan atau “ilmu hikmah”, seperti: ilmu kekebalan, ilmu pelet, ilmu laduni, ilmu bisa melihat dan menangkap jin, mampu mengundang khodam (jin) dan memasukkannya ke dalam barang-barangtertentu, misalnya isim, rajah, wafaq, cincin, dan lain sebagainya. Sedangkan ustadz atau kyai yang mengajarkan dan menyebarkan ilmu-ilmu tersebut disebut “ahli hikmah”.
Karena itu, tidaklah heran jika orang berbondong-bondong datang ke Pesantren bukan untuk belajar agama Islam, tetapi mereka berkonsultasi dengan "Ahli Hikmah" tentang problema yang menimpa mereka, dan akhir dari solusinya mereka diisi ilmu kebatinan atau diberi sesuatu berupa isim, wafaq dan wirid-wirid buatan agar permasalahan serta cita-cita mereka bisa tuntas dan tercapai.
Mereka meyakini ilmu “hikmah” ini adalah ilmu pemberian khusus dari Alloh subhanahu wa ta’ala yang diberikan hanya kepada orang-orang tertentu, sebagaimana firman Alloh subhanahu wa ta’ala:
“Alloh subhanahu wa ta’ala menganugerahkan Al Hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barang-siapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak.dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Alloh subhanahu wa ta’ala).”(QS. al-Baqoroh[2]: 269).
Ternyata kalau membaca dan menela’ah tafsirnya, kita akan menemukan makna yang dimaksud dalam ayat itu sangat berbeda sekali dengan pemahaman mereka. Ibnu Katsir rohimahulloh dalam tafsirnya menyebutkan definisi dari kata al-hikmah dalam ayat itu, dianta-ranya: arti hikmah adalah takut kepada Alloh subhanahu wa ta’ala, ada yang mengatakan al-Kitab dan kepahaman, ada juga yang mengatakan kepahaman terhadap agama Alloh subhanahu wa ta’ala. (Tafsir Ibnu Katsir I/700).
Begitulah realitanya, pengertian al-hikmah ini menjadi bias dan tidak ada batasannya. Jika ada seseorang yang mengaku telah memiliki ilmu tertentu seperti bisa memanggil raja jin, punya budak/khodam dari kalangan jin, bisa membuat zimat dan wafaq untuk kekebalan atau asihan/pelet, kemudian mereka meyakini bahwa itu adalah ilmu pemberian dari Alloh subhanahu wa ta’ala sebagai ilmu hikmah, padahal dalam proses mendapatkannya ada unsur-unsur kesyirikan, melecehkan al quran dan ritual-ritual yang bertentangan dengan syariat. Bagaimana mungkinitu adalah ilmu hikmah yang datang dari Alloh subhanahu wa ta’ala?
LALU SIAPA AHLI HIKMAH DAN BAGAIMANA MENGETAHUINYA?
Kita bisa mengetahuinya dari prilaku orang tersebut. Jika prilakunya itu tidak sesuaidengan syari'at dan Sunnah Rosululloh shalallohu alaihi wa sallam , pasti itu bukan hikmah yang dimaksud dalam al-Qur'an, bukan orang yang menjalankan aktivitas sihir atau sejenisnya. Orang yang mendapatkan hikmah dari Alloh subhanahu wa ta’ala itu adalah sebuah hasil dari amalan yang istiqomah, yang didasari ilmu syari'at. Dan ia sangat kuat memegang Sunah-Sunah Nabi shalallohu alaihi wa sallamdalam memahami dan mengamalkannya de-ngan benar, tanpa dicampuri oleh perbuatan syirik dan bid’ah.
Memang sangat disayangkan kerancuan dan salah kaprah mengenai pemahaman “ahlihikmah” sudah terjadi di sebagian masyarakatluas, samar bagi mereka untukmembedakan;mana yang benar-benar mendapatkan ilmu hik-mah dari Alloh subhanahu wa ta’ala dan ahli hikmah sempalan.
Sehingga realitanya banyakdarimasyarakatyangtelah terkecoh bahkan tertipu oleh iklandan penampilan orang-orang yang mengaku mendapatkan ilmu hikmah, mengakibatkan tidak sedikit orang yang terjerembab di kubangkesyiri-kan (penzholiman kepada Alloh subhanahu wa ta’ala).
Diantara usaha penyebaran kesyirikan yang dilakukan oleh para “ahli hikmah sem-palan” adalah membuat dan menyebarkan jimat, rajah dan wafaq untuk kekebalan, asihan,laris dagangan atau yang lainnya.
Padahal Alloh subhanahu wa ta’ala sangat membenci dantidak meridhoi perkara-perkara tersebut.Halini ditegaskan dalam sabda utusan-Nya:
“Sesungguhnya jampi, tamimah (jimat/ rajah) dan tiwalah (sesuatu yang dibuat dengan anggapan bahwa hal tersebut dapat menjadikan seorang istri mencintai suaminya, atau seorang suami mencintai istrinya) itu adalah kesyirikan.” (HR. Ahmad danAbu Dawud).
Dalam hal ini para ulama telah merinci hukum orang yang memakai zimat, rajah danwafaq:
Pertama:terjatuh kepada syirik besar bila disertai keyakinan bahwa zimat itu sendiri yang memberikan pengaruh selain Alloh subhanahu wa ta’ala, yang bisa menolak mudharat dan mendatangkan manfaat, serta bisa membentengi setiap orangyang memakainya. Maka pelakunya telah keluar dari Islam, hangus seluruh amalan-amalansholeh yang telah ia perbuat dan ia kekal di dalam api neraka bila mati belum bertaubat dari kesyirikannya.
Kedua: terjatuh kepada syirik kecil bila dia meyakini bahwa jimat itu hanya sebagai sebab semata, adapun yang mendatangkan manfaat dan menolak segala bentuk malapetaka yang menimpanya adalah Alloh subhanahu wa ta’ala.
Syirik kecil tidak mengeluarkan pelakunyadari Islam akan tetapi merupakan dosa yang sangat besar dan paling buruk di antara dosa-dosa besar lainnya. Karena itulahIbnu Mas’ud rodhialllebih menyukai(menganggaplebih ringan)untuk bersumpah dengan namaAlloh subhanahu wa ta’ala dalam keadaan berbohong (dosa besar), daripada jujurtapi bersumpah dengan selain nama Alloh subhanahu wa ta’ala (syirik kecil).
Bahkan sebagian para ulama tauhid me-nyebutkan bahwa dosa syirik, baik syirik besaratau syirik kecil tidak akan diampuni Alloh subhanahu wa ta’ala jika tidak ditaubati di dunia, karena keumuman
firman Alloh subhanahu wa ta’ala:
“Sesungguhnya Alloh tidak akan meng-ampuni dosa syirik, dan Dia mengampunisegala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS.an-Nisa[4]: 48)
“Hanya saja” kata Ibnu Taimiyah“pelaku syirik kecil tidak kekaldi neraka dan akan masuk surga”.(Ibnu Taimiyyah “Ar-Rodd‘alal Bakri” I/301)

Related Posts by Categories



0 komentar:

Posting Komentar